LOC Menghambat Jeremy Lin Gabung Golden State Warriors

99scores.com – Dalam akun twitter-nya, Jeremy Lin meminta media untuk bersabar. Sebab dirinya masih belum resmi bergabung dengan Golden State Warriors. Persoalan Letter of Clearence (LOC) menjadi penghambat kesepakatan Lin dan Golden State Warriors.

Warriors sepakat mengambil Lin dan akan memainkannya di NBA G-League, bersama Santa Cruz Warriors. Namun ternyata tidak semudah itu. Lin harus mendapatkan LOC dari klub lamanya, Beijing Ducks. Ini juga tidak mudah karena kantor FIBA Eropa tutup di akhir pekan. Sedangkan batas waktu penyerahan roster G-League ditutup pada 21 Desember waktu Amerika Serikat.

Sebaliknya, Warriors malah merekrut Elija Pemberton. Marc Spears dari ESPN melaporkan bahwa Pemberton sudah masuk tim Santa Cruz Warriors. Warriors sebenarnya masih bisa melanjutkan kontrak tersebut. Tetapi Warriors akan menjadi pihak yang dirugikan. Pertama, mereka harus membayar denda keterlambatan memasukkan roster. Lalu, selanjutnya Warriors juga terkena pajak barang mewah. Menurut Marc Stein dari The New York Times, Warriors tetap tertarik untuk memasukkan Lin ke tim Santa Cruz Warriors. Warriors akan mencari cara agar syarat-syarat administrasi bisa dipenuhi. Itu sejalan dengan keinginan Lin yang sedang mencari peluang kembali ke NBA.

Pemain berusia 32 tahun tersebut memulai karir NBA-nya dengan Golden State Warriors pada musim 2010-2011. Lin kemudian pindah ke New York Knicks pada tahun berikutnya. Lin pernah bermain untu Hoston Rockets (2012-2014), Los Angeles Lakers (2014-2015), Charlotte Hornets (2015-2016), Brooklyn Nets (2016-2018), Atlanta Hawks (2018-2019), dan Toronto Raptors (2019). Selama bermain di NBA (2010-2019) Lin rata-rata mencetak 11,6 poin dan 4,3 asis per gim, serta pernah menjadi juara NBA bersama Raptors di tahun 2019. Setelah tidak bermain di NBA, Lin pulang ke Cina dan tampil bersama Bejing Ducks di CBA. Musim 2019-2020 lalu, Lin mencetak rata 22,3 poin per pertandingan di musim reguler.

Sementara itu, persoalan Letter of Clearance tersebut juga pernah terjadi di IBL 2020. Pada awal bulan Maret, tepatnya di Seri Kediri, sempat terjadi pertandingan tanpa pemain asing antara Pacific Caesar Surabaya melawan Pelita Jaya Bakrie. Masalahnya, LOC enam pemain asing dari dua klub tersebut belum selesai. Sehingga mereka tidak bisa diturunkan dalam pertandingan.*99scores.com

Baca Juga : Pemain Naturalisasi (Akhirnya) Boleh Main di IBL 2021