Pemain Naturalisasi (Akhirnya) Boleh Main di IBL 2021

99scores.com – Tarik-ulur izin tampil pemain naturalisasi diakhiri oleh IBL. Minggu, 20 Desember 2020, liga memutuskan bahwa Pemain Lokal Naturalisasi bisa digunakan pada IBL 2021. Sementara itu, menurut rekomendasi PP Perbasi, sampai sekarang hanya ada dua pemain naturalisasi yang bisa tampil, yaitu Ebrahim “Biboy” Enguio Lopez dan Jamarr Andre Johnson.

Peraturan tentang naturalisasi sudah diubah oleh IBL pada bulan November 2020 lalu. Awalnya, pemain naturalisasi punya status yang sama dengan pemain asing. Artinya, mereka bisa diambil oleh klub lewat mekanisme Draft Foreign Players. Namun, IBL mengubah aturan tersebut dan memberikan definisi baru kepada mereka dengan sebutan “Pemain Lokal Naturalisasi”. Dengan demikian, mereka punya kesempatan yang sama dengan pemain lokal, dan bisa tampil di liga tanpa melalui mekanisme draft.

Ebrahim "Biboy" Enguio Lopez Tinggalkan Indonesia - mainbasket.com

Namun polemik muncul pada tanggal 15 Desember 2020. Saat itu, terjadi pertemuan yang dihadiri seluruh pemilik klub. Pada intinya, mayoritas peserta IBL, tidak menghendaki naturalisasi dimainkan pada musim 2021. Dari situ, muncul reaksi publik, terutama menyangkut hak sebagai warga negara.

Naturalisasi

“Sebenarnya yang terjadi pada tanggal 15 Desember tersebut, yang ditentukan melalui mekanisme voting bukan tentang boleh atau tidak boleh, melainkan Hak Guna Naturalisasi. Kebetulan mayoritas klub memilih menggunakan naturalisasi setelah tahun 2021,” jelas Junas.

“Namun kami juga tidak menutup mata terhadap dinamika yang terjadi di luar. Kami juga mempertimbangkan untung-rugi dari berbagai sisi terutama klub dan pemain. Setelah kami membuat kajian terhadap masalah ini, akhirnya kami menyampaikan kepada PP Perbasi selaku federasi bola basket di Indonesia. Proses berikutnya, pada Minggu pagi, kami memutuskan bahwa Hak Guna Pemain Naturalisasi tidak berubah. Artinya, mereka bisa tampil di IBL 2021.”

IBL sama sekali tidak mengubah aturan yang sudah mereka buat. Junas berpendapat, bahwa aturan tentang naturalisasi di IBL itu sudah harus diubah, cepat atau lambat. Kebetulan musim depan ada kesempatan untuk mengubahnya, dan Junas tahu bahwa akan ada gejolak seperti ini. Di samping itu, IBL juga mempertimbangkan saran dari PP Perbasi, bahwa Pemain Lokal Naturalisasi telah memberi dampak yang luar bagi basket Indonesia.

Setelah menetapkan bahwa Hak Guna Naturalisasi pada tahun 2021, maka sekarang bergeser pada ketersediaan pemain. Dari identifikasi IBL, hanya ada empat naturalisasi Indonesia. Dan, faktanya, hanya dua orang yang mendapatkan rekomendasi PP Perbasi, sebagai salah satu syarat agar bisa bermain di IBL. Dua pemain tersebut adalah Ebrahim Enguio Lopez dan Jamarr Andre Johnson.*99scores.com

Baca Juga : Pemain dan Official NBA Harus Dapat Vaksin agar Musim 2021-2022 Berjalan Normal