Verstappen Kena Kritik Helmut Marko

Verstappen Kena Kritik Helmut Marko99scores.com – Pembalap tim Red Bull, Max Verstappen gagal meraih podium pada F1 Turki 2020, Minggu (15/11).

Max Verstappen memulai balapan dari posisi dua dan mengakhiri balapan dengan finis di urutan enam.

Karena hal ini, Max Verstappen mendapat kritikan dari penasihat dan kepala program pengembangan pembalap muda di Red Bull, Helmut Marko.

Marko menilai pembalapnya itu kurang sabar saat mencoba menyalip Sergio Perez yang justru membuatnya mengalami spin di lap 18 dan kehilangan banyak posisi.

“Baik Verstappen dan Albon menyerang terlalu banyak dan menuntut terlalu banyak ban,” ujar Helmut Marko mengenai penampilan dua pembalapnya di Sirkuit Istanbul Park itu, dikutip GridOto.com dari Tuttomotori.web.

“Cara mereka sangat berbeda dengan dengan pembalap lain yang lebih berpengalaman, seperti Vettel dan Perez, mereka pandai mengelola ban dan akhirnya bisa finis di 3 besar,” imbuhnya.

Baca Juga: George Russel Suruh Fans Tonton Balapan Lain

Namun pembalap berusia 23 tahun itu membantah bahwa ia terlalu agresif saat hendak menyalip pembalap tim Racing Point, Sergio Perez.

“Bukannya saya terlalu bersemangat saat itu, tapi  saya tidak bisa berbuat apa-apa. Saya hanya ingin menghindari kontak dengan Perez tapi tiba-tiba spin dan keluar jalur,” Ujar Max Verstappen dalam sebuah wawancara, dikutip dari EssentiallySport.com.

Verstappen mengatakan kondisi trek yang sangat licin membuat bannya tidak bekerja dengan baik, selain itu juga ada masalah pada sayap depan mobil RB-16 miliknya.

“Satu sisi sayap depan tidak disetel dengan benar, itu yang menyebabkan saya mengalami oversteer yang begitu parah,” tuturnya.

Balap F1 2020 tinggal menyisakan 3 putaran lagi, yakni dua balapan di Bahrain dan di Abu Dhabi sebagai penutup.

Verstappen mengatakan mungkin dirinya hanya bisa menempati posisi ketiga pada klasemen hingga akhir musim.

“Kami telah mencapai beberapa hasil yang sangat bagus. Tetapi di tahun mendatang kami ingin mendapatkan gelar juara dunia,” pungkasnya.